Salah Berdoa

29 Apr 2018

Yakobus 4:3
Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu tidak menerima apa-apa, karena kamu salah berdoa, sebab yang kamu minta hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu.

Seorang bapak mengumpulkan anak-anaknya yang masih remaja untuk bertanya apa kebutuhan mereka. Pertanyaan ditujukan mulai dari anak bungsu.

Anak bungsu ingin membeli pisau tajam. Rupanya anak bungsu ini merasa memiliki musuh di sekolah. Dengan senjata tajam yang dimiliki, dia merasa aman dan dapat melindungi dirinya.

Anak ke-dua berkata mau dibelikan sepeda motor model terbaru. Alasannya dia ingin mengendarai sepeda motor ke sekolah. Dia merasa dengan sepeda motornya akan dapat bersenang-senang di jalan dengan kecepatan tinggi. Dengan demikian dia dapat menjadi bahan perhatian orang.

Anak sulung datang ke ayahnya. Dengan merendah dan suara sayup anak sulung berkata, “Kalau ayah ijinkan, saya ingin dibelikan sebuah tas sekolah, karena tas yang sekarang sudah agak rusak”.

Ayahnya berkata akan berpikir-pikir dulu. Nanti sehabis makan malam akan diberitahu keputusannya disetujui atau tidak.

Sehabis makan malam sang ayah berkata kepada anak bungsu, “TIDAK. Permintaanmu tidak akan dikabulkan karena tidak pantas memiliki senjata tajam bagi anak-anak untuk melindungi diri. Keinginan ini dapat mendatangkan celaka.”

Kepada anak ke-dua ayahnya berkata, “TUNDA, permintaanmu memang dapat diterima, tetapi belum sekarang karena kamu belum cukup umur dan belum berhak mendapatkan SIM dari polisi. Jadi tunggu sampai saat yang tepat.”

Kepada anak sulung ayah berkata, “OKE... SETUJU!. Permintanmu sangat pantas. Besok pulang dari sekolah akan segera dibelikan tas sekalian dengan sepatu barumu”

Permintaan kita dalam doa kepada Tuhan sering tidak patut dan di luar dari apa yang kita butuh. Karena itu Allah TIDAK mengabulkannya.

Juga sering keinginan kita belum waktunya, karena itu Allah berkata, “Tunggu !”, nanti pada saat yang tepat akan diberikan.” Karena itu kita harus bersabar. Tunggulah saat yang tepat bagi Tuhan.

Paling indah adalah bahwa jika keingnan kita sesuai dengan kehendak Allah, permintaan kita akan dikabulkan. Allah tahu apa yang paling tepat dan cocok untuk kita.

Karena itu marilah kita selaraskan keinginan kita dengan kehendak Tuhan. Kita perlu untuk selalu peka terhadap apa sesungguhnya kehendak Allah bagi kita masing-masing. Marilah kita merendahkan hati dalam megutarakan keinginan kepada Allah dalam doa-doa kita !

Selamat Hari Minggu.
Selamat beribadah.
Selamat melayani.

Tuhan beserta kita. Amin.

Salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...