Menjadi Saksi Kebenaran

02-Apr-2018

Matius 28:11-15
Ketika mereka di tengah jalan, datanglah beberapa orang dari penjaga itu ke kota dan memberitahukan segala yang terjadi itu kepada imam-imam kepala.
Dan sesudah berunding dengan tua-tua, mereka mengambil keputusan lalu memberikan sejumlah besar uang kepada serdadu-serdadu itu dan berkata: "Kamu harus mengatakan, bahwa murid-murid-Nya datang malam-malam dan mencuri-Nya ketika kamu sedang tidur.
Dan apabila hal ini kedengaran oleh wali negeri, kami akan berbicara dengan dia, sehingga kamu tidak beroleh kesulitan apa-apa." 
Mereka menerima uang itu dan berbuat seperti yang dipesankan kepada mereka. Dan ceritera ini tersiar di antara orang Yahudi sampai sekarang ini.

Pasca kebangkitan Yesus, orang-orang masih saja tetap tidak percaya, bahkan berupaya menghalangi orang untuk percaya. Hal ini dipelopori oleh imam-imam kepala. Mereka berusaha menutup-nutupi. Mereka berkonspirasi dengan cara memberi uang tutup mulut atau untuk bersaksi palsu.

Para imam menyuruh agar para penjaga kepada masyarakat berkata,  "Kamu harus mengatakan, bahwa murid-murid-Nya datang malam-malam dan mencuri-Nya ketika kamu sedang tidur..”

Semestinya para serdadupun tanggap bahwa jika mereka mengaku tertidur ketika bertugas, mereka mestinya malu karena lalai. Mereka harus diberi sanksi dan hukuman. Tetapi sama saja... para penjaga itupun mau saja disuruh curang.

Di tingkat ataspun sama saja. Para imam berkata bahwa mereka akan berurusan dengan wali negeri (pihak pemerintah), sehingga para serdadu akan aman-aman saja. 

Lengkaplah sudah segala upaya mereka untuk menyangkali apa sesungguhnya yang telah terjadi. Mereka memutar balikkan kejadian sesungguhnya yaitu fakta rencana Allah. Dikatakan bahwa berita bohong seperti itulah beredar hingga kini.

Namun bagi kita... kita bersyukur bahwa apa yang telah terjadi di sekitar salib sesungguhnya adalah bagian penting dan puncak dari seluruh rangkaian rencana Allah atas rancangan keselamatan kita dalam diri Yesus. Semua telah digenapi !

Puji Tuhan !

Maka kini... marilah kita terus bersyukur dan berterima kasih kepada Allah yang telah menyelamatkan kita. 

Jadilah saksi Kristus melalui sikap dan perilaku kita yang baik dan terpuji. Juga tentunya secara verbal melalui kata-kata kita untuk bercerita dan berkisah tentang keyakinan kita... apa yang kita percayai. 

 See the source image

Entah orang percaya atau tidak percaya atas kesaksian kita, itu urusan mereka dengan Tuhan. Roh Kudus akan berperan meneguhkan setiap kata-kata kesaksian kita.

Selamat belajar.
Selamat bekerja.
Selamat beraktivitas.
Selamat melayani.

Tuhan Yesus yang telah bangkit menyertai seluruh perjalanan hidup kita hari ini hingga selama-lamanya. Amin.

Teriring salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...