Menjaga Diri, Menjaga Orang Lain

04-Apr-2018

Kisah Para Rasul 20:27-28
Sebab aku tidak lalai memberitakan seluruh maksud Allah kepadamu.
Karena itu jagalah dirimu dan jagalah seluruh kawanan, karena kamulah yang ditetapkan Roh Kudus menjadi penilik untuk menggembalakan jemaat Allah yang diperoleh-Nya dengan darah Anak-Nya sendiri.

Rasul Paulus senantiasa siap menolong orang agar tetap teguh berpegang kepada kebenaran firman Allah. Dia mengungkapkan dirinya tidak lalai memberitakan maksud Allah.

Kebanyakan kita memiliki panggilan yang tidak sama dengan Paulus. Di antara kitapun... kita berbeda-beda melakoni hidup masing-masing. Namun sesungguhnya kita memiliki hati dan tanggung jawab yang sama yaitu menyampaikan apa yang menjadi rencana dan kehendak Allah atas dunia ini

Paling tidak, di tengah-tengah kesibukan masing-masing, hendaklah kita menjadi model-model kecil yang nampak sebagai saksi Kristus. Oleh sebab itu sebagai langkah pertama, Rasul Paulus ingatkan agar kita menjaga diri, dan selanjutnya ada tanggung jawab untuk menjaga orang lain yang telah percaya... kita saling menjaga.

 See the source image

Akan ada selalu silih berganti tantangan dan pergumulan yang kita alami. Untuk itulah kita dihadirkan Allah untuk saling menolong dan saling menjaga.

Walau kita tidak berpredikat sebagai gembala dan tidak berperan formal dalam struktur organisasi gereja atau persekutuan, namun mari kita dengan rela hati siap sedia meneguhkan iman sesama kita. Biarlah tanggung jawab ini kita pandang sebagai ketetapan Allah atas kita. 

Apapun cara dan bentuknya... besar atau kecil... kelihatan atau tidak kelihatan... ada kiranya sesuatu yang kita lakukan untuk membuat saudara-saudara seiman kita tetap teguh keyakinannya. Dan lebih jauh lagi, kita terpanggil menyaksikan iman kita bagi orang-orang yang belum percaya.

Ingatlah bahwa Kristus mengasihi segenap manusia. Dia mau agar semua orang tahu tentang Dia... mendengar Dia dan datang kepada-Nya. Inilah panggilan dan beban hati kita di lini masing-masing. 

Mari kita lakukan !

Selamat belajar.
Selamat bekerja.
Selamat beraktivitas.
Selamat melayani.

Tuhan Yesus menyertai perjalanan hidup kita hari ini hingga selama-lamanya. Amin.

Teriring salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...