Awasilah Dirimu dan Ajaranmu

29 Mei 2018

1 Timotius 4:16 
Awasilah dirimu sendiri dan awasilah ajaranmu. Bertekunlah dalam semuanya itu, karena dengan berbuat demikian engkau akan menyelamatkan dirimu dan semua orang yang mendengar engkau.

Keyakinan, pendirian dan prinsip apa yang tertanam dalam diri seseorang sangat dipengaruhi oleh orang yang mengajarkannya.

Betapa sering keyakinan seseorang bergeser dari kebenaran yang semestinya. Terjadi distorsi oleh karena pengaruh dari pengajaran yang salah. Penyimpangan kecil dapat berdampak besar.

Oleh karena itu seorang pengajar haruslah juga terus belajar. Rasul Paulus ingatkan agar Timotius senantiasa mengawasi dan waspada dengan apa yang diajarkannya.

Tidak semua kita menjadi guru secara formal, namun hidup kita hendaklah menjadi kesan dan pesan serta menjadi pengajaran yang baik bagi orang-orang di sekitar kita.

See the source image 

Untuk itulah maka nasihat Rasul Paulus juga merupakan nasihat bagi kita. Supaya apa yang keluar dari diri kita, apa yang kita katakan, apa yang kita tuliskan, apa yang kita sebarkan, semua itu terawasi. Terutama terawasi oleh firman Tuhan.

Dengan demikian, maka diri kita dan orang yang mendengar kata-kata kita serta melihat hidup kita selamat... selamat dari penyimpangan... tidak terdistorsi.

Jadi marilah kita awasi diri kita dan awasi ajaran kita. Awasi nasihat kita.

Selamat berlibur.
Selamat beraktifitas.
Selamat melayani.

Tuhan menyertai dan memberkati. Amin.

Salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...