Peran Kita di bumi

18 Mei 2018

Amsal 2 : 20
Sebab itu tempuhlah jalan orang baik, dan peliharalah jalan-jalan orang benar.

Sebuah pesawat terbang mengangkut banyak penumpang yang terdiri dari orang-orang yang memiliki berbagai karakter. Ada yang berkarakter baik dan ada yang buruk. 

Perangai buruk mulai nampak ketika dalam pesawat ada yang membandel tidak mau memakai sabuk pengaman, padahal sudah disuruh bahkan diberitahu cara memakainya. 

Ada penumpang yang tidak mau mematikan HPnya dan terus-menerus menggunakannya, meski sudah berulangkali diingatkan oleh awak pesawat bahwa hal tersebut dapat mengganggu komunikasi dan membahayakan penerbangan. 

Ketika terbang, mungkin ada penumpang yang usil mencoret-coret tempat duduk. 

Juga pernah ada pengalaman seorang penumpang merokok di toilet, walau sudah diingatkan bahwa di dalam pesawat tidak diperkenankan merokok. Detektor mendeteksi asap orang yang merokok itu, dan orang itu harus berurusan dengan pihak yang berewajib saat mendarat. 

Bayangkan juga bila ada penumpang lain yang mengambil alat pelampung dan memasukkannya ke dalam tas untuk dibawa pulang jika pesawat mendarat nanti... ????

Yang lebih parah adalah bila ada penumpang yang nekat mencoba masuk ke ruang pilot dan memaksa untuk mengambil alih pesawat. Mereka mengancam akan meledakkan pesawat bila kemauannya tidak dituruti. Mereka bertindak sangat bodoh, karena bila pesawat celaka, tentu jiwa mereka ikut menjadi taruhannya !!

Sebenarnya itulah yang sedang terjadi atas bumi kita ini. Bumi ini bagaikan sebuah pesawat raksasa yang sedang terbang mengarungi angkasa alam semesta. Penduduk dunia, termasuk kita, adalah para penumpangnya. Banyak orang yang sadar atau tidak sadar sedang merusak dunia ini, padahal Allah sejak semula menjadikan dunia ini begitu baik, teratur dan sempurna untuk dihuni manusia. 
 See the source image

Kita yang telah percaya kepada Tuhan harus mendukung rencana Allah atas dunia ini. Janganlah kita ikut merusak pesawat bumi ini, karena terlalu besar risikonya bagi kita maupun keturunan kita kelak. Kita wajib ikut memelihara ciptaan Tuhan. 

Yang terpenting juga adalah kita harus ikut berupaya memelihara kedamaian dan ketenangan di dunia ini. Itu adalah perintah Allah sejak awal; menaklukkan bumi... mengelola bumi... merawat bumi.

Kejadian 1:28
Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: ”Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.”

Selamat ujian.
Selamat bekerja.
Selamat beraktifitas.
Selamat melayani.

Tuhan Yesus menyertai dan memberkati kita senantiasa. Amin.

Teriring salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...