Sungguh-Sungguh Mengenal Tuhan

25 Mei 2018

Hosea 6:3
Marilah kita mengenal dan berusaha sungguh-sungguh mengenal TUHAN; Ia pasti muncul seperti fajar, Ia akan datang kepada kita seperti hujan, seperti hujan pada akhir musim yang mengairi bumi.   

Sekali waktu Yesus marah kepada Petrus, karena ketika Dia menceritakan penderitaan yang akan Dia alami, Petrus menyela. Alkitab menuliskan Petrus menegur Yesus.

Siapakah Petrus sehingga berani menegur Yesus?

Persoalan pokok bukan siapa Petrus, tetapi yang menjadi intinya adalah seolah Petrus tidak percaya dan menyatakan bahwa apa yang dinubuatkan tentang penderitaan Yesus tak perlu terjadi. Seolah Petrus menginginkan bahwa nubuat tentang derita yang akan dialami Yesus dihapuskan dan dibatalkan saja.

Tentu ini menjadi masalah besar karena pernyataan Petrus mengisyaratkan bahwa nubuat Alkitab tidak perlu digenapi. Ide ini tentu bukan kehendak Allah, sampai-sampai Yesus marah dengan mengatakan, "Enyahlah Iblis, sebab engkau bukan memikirkan apa yang dipikirkan Allah, melainkan apa yang dipikirkan manusia." (Markus 8:33).

Poin penting dalam hal ini adalah: Petrus masih kurang mengenal Yesus selama ini, kurang mengerti bahwa Dia datang untuk menggenapi seluruh nubuat Kitab Suci.

Kitapun dapat saja seperti Petrus, sudah sekian lama menjadi orang Kristen, namun masih saja kurang memahami untuk apa Dia datang. Akibatnya kita tidak berada dalam pikiran Allah. Kita berjalan dengan pikiran kita. Meski kita tidak langsung ditegur keras oleh Yesus seperti kepada Petrus, namun kita perlu waspada. 

See the source image 

Kenallah Yesus dan ikutilah jalanNya apapun harganya! Teladan yang baik dari Petrus adalah: meskipun dia ditegur keras oleh Yesus, tapi dia tidak mundur dan tidak memberontak. Sejarah mencatat bahwa Petrus di kemudian hari berubah menakjubkan menjadi Rasul Yesus yang setia.

Bagaimana dengan kita ?

Kenallah Yesus dan setialah terhadap panggilanNya !

Selamat bekerja.
Selamat beraktifitas.
Selamat melayani.

Tuhan menyertai dan memberkati kita.
Amin.

Salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...