Pemimpin Sebagai Pelayanan

19 Mei 2018

Lukas 22:26
Tetapi kamu tidaklah demikian, melainkan yang terbesar di antara kamu hendaklah menjadi sebagai yang paling muda dan pemimpin sebagai pelayan.

Orang normal pasti ingin memiliki citra dan jati diri yang baik. Sebagai anak-anak Tuhan, milikilah citra diri yang baik karena hal itu merupakan bagian dari peran kita sebagai saksi Kristus. Dengan memiliki jati diri yang baik, kita telah memenuhi perintah Allah. 

Apa pengertian dari citra dan jati diri yang baik bagi seorang Kristen?

Sering jati diri dikaitkan dan diukur dari penghargaan manusia saja. Sering citra diri bermotif popularitas. Pandangan seperi ini terlalu sempit. 

Kalau dicermati kehidupan dan ajaran Yesus, citra diri yang baik tidak didasarkan atas penilaian manusia, tetapi dari Tuhan sendiri. Titik berat jati diri bukan terletak pada sekedar penghargaan yang diterima, tetapi dari hati yang melayani

 See the source image

Yesus sendiri berkata bahwa Dia datang bukan untuk dilayani tetapi untuk melayani dan menyerahkan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi manusia (Matius 20:28). Inilah JATI DIRI AGUNG yang ada pada Yesus. 

Jati diri berhubungan dengan sikap hati dan kerelaan untuk berkorban dan sangat jauh dari keinginan untuk dihargai berlebihan.

Untuk memiliki jati diri yang baik, perhatikan dan pikirkanlah hal berikut ini :
• Hendaklah setiap hal yang dikerjakan, dipandang sebagai sebuah kesempatan yang baik untuk memuliakan Tuhan.
• Hendaklah setiap hal yang dikerjakan, dipandang sebagai sebuah kesempatan untuk membuat orang lain menjadi lebih baik, karena inilah arti dari hidup bermakna. Hidup bermakna adalah hidup yang didedikasikan melayani orang lain, bukan berfokus kepada diri sendiri.
• Hendaklah setiap hal yang dikerjakan, apapun itu, dipandang sebagai usaha menabur yang kelak akan dituai buahnya. Karena hidup kita dari Tuhan dan untuk Tuhan.

Biarlah hidup kita berpusat kepada Yesus Kristus. 

Selamat berlibur.
Selamat beraktifitas.
Selamat melayani

Tuhan menyertai dan memberkati segenap kita. Amin.

Teriring salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...