Jangan Takut, Lakukanlah Sesuatu

14-Mei-2018

Ulangan 7:17-19   
Jika sekiranya engkau berkata dalam hatimu: Bangsa-bangsa ini lebih banyak dari padaku, bagaimanakah aku dapat menghalaukan mereka? maka janganlah engkau takut kepada mereka; ingatlah selalu apa yang dilakukan TUHAN, Allahmu, terhadap Firaun dan seluruh Mesir,  yakni cobaan-cobaan besar, yang kaulihat dengan matamu sendiri, tanda-tanda dan mujizat-mujizat, tangan yang kuat dan lengan yang teracung, yang dipakai TUHAN, Allahmu, untuk membawa engkau keluar.Demikianlah juga akan dilakukan TUHAN, Allahmu, terhadap segala bangsa yang engkau takuti.

Bangsa lsrael menghadapi musuh yang banyak di sekitarnya. Tentu saja dalam situasi seperti itu bangsa Israel ingin terlepas dari ancaman musuh.

Dalam seperti itu, Tuhan ingatkan 2 hal yaitu:
1. Jangan takut. Dua kata ini selalu Tuhan ingatkan dalam situasi sesulit apapun bagi bangsa ini.

2. lngat apa yang telah dilakukan Tuhan bagi bansa ini. Diingatkan bagaimana Tuhan meluputkan bangsa Israel. Bangsa lsrael yang pernah mengalami tekanan berat dari bangsa Mesir, dibebaskan Tuhan dengan cara-Nya. Dengan cara yang sama, Tuhan akan memelihara umat-Nya.

Hal yang sama juga diingatkan Tuhan bagi kita yaitu agar Jangan takut.

Tentulah wajar kita khawatir melihat situasi kita. Kita merasakan ada ketakutan-ketakutan yang berakumulasi dari waktu ke waktu. Terutama kita khawatir dengan nyawa kita. Tak dapat dipungkiri adanya orang-orang mengancap eksistensi dan bahkan nyawa kita. Kalau hal ini dipikirkan, kita jadi was-was.

Di tengah-tengah situasi sulit, kita diajak untuk melihat Tuhan. Kita disuruh mengingat semua kebaikan Tuhan. Kita mengingat perlindungan dan penyertaan-Nya. Tuhan akan pelihara kita.

Memang ada orang-orang yang menderita dan mungkin kitapun merasakan adanya derita tertentu... Tuhan tahu itu semua. Tuhan ijinkan itu terjadi. 

Tuhan tetap sayang kepada kita. Tuhan tetap memegang kendali sepanjang zaman. Hanya memang Tuhan juga sudah berulang-ulang mengatakan dalam firman-Nya bahwa akan ada derita... akan ada ujian. Dan itulah yang sedang terjadi... digenapi, sebab itu yang telah dikatakan-Nya.

Apa yang harus kita lakukan sekarang adalah:
1. Tetap percaya kepada otoritas Tuhan. Jangan ragu !

2. Hati dan pikiran kita merapat kepada Tuhan. Tuhan kok yang atur semuanya !

3. Paling tidak: tekun berdoa. Jangan sampai kita hanya khawatir saja terus dan sibuk mengikuti perkembangan yang ada, kirim kutipan-kutipan orang, sebarkan gambar-gambar, berdebat sesama kita, dan sebagainya... lantas kita tidak berdoa... JANGAN !

4. Maksimalkan dengan apa yang dapat kita usahakan. 
• Mungkin posisi kita dapat berbuat secara langsung... lakukan !
• Mungkin kita diberi Tuhan hikmat untuk berbicara.. bicaralah dengan hikmat dan bijak !, jangan diam saja.
• Mungkin kita diberi Tuhan hikmat memberi pengaruh positif... pengaruhilah !...Tularkan damai !, sebab kita adalah anak-anak Allah.
• Mungkin kita merasa tidak memiliki daya dan tenaga apa-apa... kontaklah Tuhan Yesus... bedoalah !.. Bagaikan Abraham yang bernegosiasi dengan Tuhan demi keselamatan bangsa Sodom dan Gomora, mari kita menjadi pendoa syafaat bagi bangsa kita... bagi negara kita tercinta ini.

 See the source image

Filipi 4:6-7
Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.
Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.

Selamat ujian.
Selamat bekerja.
Selamat beraktifitas.
Selamat melayani.

Tuhan Yesus senantiasa menjaga dan melindungi serta memberkati kita. Amin.

Teriring salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...