Tekun Belajar Alkitab, Kristen yang Hidup

30 Mei 2018

1 Timotius 4:13
Sementara itu, sampai aku datang bertekunlah dalam membaca Kitab-kitab Suci, dalam membangun dan dalam mengajar.

Tekun adalah kunci untuk sukses dalam hal apa saja. Kita sering kurang berhasil dan tidak maksimal meraih apa yang diharapkan karena kurang tekun.

Dalam pertumbuhan rohani juga sama. Dibutuhkan ketekunan berhubungan dengan  Kitab Suci;
• Kita butuh mendengar firman Tuhan
• Kita butuh membaca firman Tuhan
• Kita butuh mempelajari firman Tuhan
• Kita butuh menghafal firman Tuhan
• Kita butuh merenungkan firman Tuhan dan melakukannya.

Ada banyak orang Kristen tahu tentang apa saja dan menarik bagi mereka belajar apa saja. Tetapi anehnya kurang minat akan Alkitab. Mereka merasa cukup mendengar khotbah saja di gereja.

Gerejapun sering tidak/kurang menekankan jemaatnya untuk bertekun dalam firman Tuhan. Kurang pembinaan pribadi. Ramai-ramai saja. Bagi mereka cukup puas jika jemaat banyak yang datang ke gereja, banyak kegiatan dan banyak persembahan. Senang dengan gedung gereja megah. Tentu semua itu penting !

Tetapi apa jadinya jika jemaat kurus dan kering akan firman Tuhan?

Pengkhotbahpun sering puas jika merasa khotbahnya menarik. Ketika berkhotbah, jemaat mengangguk-angguk kepala dan banyak lelucon sehingga pendengar ramai tertawa-tertiwi. Tetapi habis tertawa mereka sedih lagi karena ada banyak tantangan dan pergumulan hidup yang harus dihadapi.

Bahkan banyak yang meninggalkan Kristus karena tidak/kurang memahami firman Tuhan. Mereka banyak diberi semangat dan dimotivasi, namun tidak tahu cara praktis karena kurang dibina.

Sering kita ini seumpama perang melawan musuh di medan pertempuran. Banyak bantuan tempur dengan tembakan granat mortir dari belakang oleh satuan bantuan tempur. Namun kita kalah karena kurang disiapkan pasukan infantri di depan yang terlatih secara personil.

Sementara di depan sana ada banyak musuh tanpa bentuk. Musuh kita bukanlah manusia. Musuh kita adalah iblis dan roh-roh jahat. Mereka memakai segala cara, bahkan menggunakan manusia juga menghadang dan menyerang. Musuh kita hanya bisa dilawan oleh kebersamaan kita dengan Yesus dan ketekunan dalam firman Tuhan... SOLA SKRIPTURA.
 Image result for 1 tim 4:13

Kalau kita tidak bertekun dan tidak rindu serta tidak haus akan firman Tuhan, maka pertanyaannya:

• Bagaimana kita bisa bertumbuh dengan baik?
• Kapan kita menang?
• Kapan iman kita berbuah?

Kita perlu betekun dalam firman Tuhan !

Ezra 7:10
Sebab Ezra telah bertekad untuk meneliti Taurat TUHAN dan melakukannya serta mengajar ketetapan dan peraturan di antara orang Israel.

Selamat bekerja.
Selamat beraktifitas.
Selamat melayani.

Tuhan senantiasa menyertai dan memberkati kita. Amin.

Salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...