Sampaikanlah Dengan Kekuatan Roh Kudus

27 Mei 2018

1 Tesalonika 1:5
Sebab Injil yang kami beritakan bukan disampaikan kepada kamu dengan kata-kata saja, tetapi juga dengan kekuatan oleh Roh Kudus dan dengan suatu kepastian yang kokoh. Memang kamu tahu, bagaimana kami bekerja di antara kamu oleh karena kamu.

Seorang sahabat pernah bercerita pengalamannya ketika mengambil keputusan penting. Dia seorang yang memiliki posisi baik dalam profesinya.

Ketika itu, dia harus memutuskan kebijakan yang dapat mendatangkan keuntungan pribadinya. Untuk itu dia harus sedikit mengorbankan kebenaran. Dia bergumul untuk itu.

Akhirnya dia memutuskan apa yang benar. Dia tidak memperdulikan kepentingannya secara pribadi. Dia putuskan apa yang adil dan benar. Dia lega dengan keputusannya.

Menarik bagi saya untuk bertanya apa yang membuat dia mampu memutuskan apa yang tepat seperti itu.

Dia menceritakan bahwa pada malam hari ketika besoknya dia harus ambil keputusan, dia berdoa serius meminta hikmat dan kekuatan khusus dari Tuhan. Lantas dia teringat akan khotbah seorang Penetua (bukan Pendeta) ketika dia mahasiswa dulu.

Lalu saya tanya lagi apa tema khotbah itu dan siapa pengkhotbahnya. Lalu dia sebut nama Penetua itu.

Ternyata yang berkhotbah adalah seorang Penetua yang sederhana dan biasa-biasa saja. Isi khotbahnya tentang "Kejujuran Seorang Pemimpin" (Pemimpin si Bujur).

Banyak jemaat yang bilang kalau Penetua ini khotbah, suaranya datar saja. Sebenarnya mungkin mereka mau bilang bahwa Penetua ini tidak menarik berkhotbah. Ini permainan bahasa halus saja.

Dari kisah sederhana ini terlihat bahwa khotbah seorang Penetua sederhana telah berpengaruh bagi seseorang untuk memutuskan perkara penting. Khotbahnya berbuah. Roh Kudus bekerja itulah kata kuncinya. Ini mungkin satu contoh kecil saja dari fakta yang ada.

Oleh sebab itu janganlah melihat siapa yang berkhotbah, walau memang harus diakui ada kecenderungan kita sering begitu. Bila Roh Kudus bekerja, firman Tuhan akan berkobar dan bekerja di antara kita.

See the source image 

Bagi yang berkhotbah, siapapun dia... di samping melakukan persiapan yang sebaik-baiknya... mintalah hikmat dan kekuatan khusus dari Tuhan dalam doa. Bila dipandang perlu... berpuasalah !

Yang penting khotbahkanlah ajaran sehat sesuai kebenaran di dalam Yesus dengan sumber utama: Alkitab. Galilah isi Alkitab !

Titus 2:1
Tetapi engkau, beritakanlah apa yang sesuai dengan ajaran yang sehat.

Bagi kita yang mendengar khotbah, jangan lihat siapa yang khotbah, tetapi berdoalah agar Tuhan memberkati para pengkhotbah, dan terpenting: hati dan pikiran kita dibuka oleh kuat kuasa Roh Kudus sehingga kita memahami kebenaran dan kita dimampukan melakukannya.

Selamat Hari Minggu.
Selamat Beribadah.
Selamat Melayani.

Tuhan menyertai dan memberkati kita.
Amin.

Teriring salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...