Cukupkan Dengan Yang Ada

21 Mei 2018

Ibrani 13:5
Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: ’Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau’

Pernah sebuah media memuat berita tentang terjadinya beberapa binatang di kebun binatang mengalami masalah akibat terlalu banyak pengunjung sepanjang liburan. Mungkin binatang tersebut merasa terganggu hingga stress. 

Apa gejalanya dan bagaimana tanda-tandanya binatang yang sedang stress?

Mungkin ada orang yang ahli untuk dapat memikirkan dan mengamatinya. Tetapi hal yang perlu dicatat adalah bahwa binatang juga rupanya dapat mengalami tekanan dan dapat depresi.

Sesungguhnya manusia lebih rentan terhadap stress karena lebih banyak keinginan dibandingkan binatang. 

Stress sangat manusiawi sifatnya, tetapi jika melebihi ambang batas tentulah dapat berbahaya. 

Salah satu penyebab stress adalah ketika seseorang memiliki keinginan tertentu dan keingian itu tidak tercapai. Muncullah perasaan terpukul dan merasa diri tidak berarti dan tak berdaya.  Terlebih kalau melihat orang lain justru berhasil, maka stressnya bisa nambah. 

Stress sering tejadi saat keinginan berlebihan dan tidak sesuai dengan kemampuan yang dimiliki apalagi bertentangan dengan kehendak Tuhan. Penyakit kejiwaan adalah salah satu akibat langsung dari stres. 

Secara praktis yang dapat dilakukan untuk mengatasi stress adalah  dengan bersikap jujur kepada diri sendiri. Mampu menerima dirinya apa adanya baik kelebihan dan kekurangannya dengan rasa syukur. Jeli dan bijak membedakan apa arti kebutuhan dan apa arti keinginan. 

Terutama yang penting adalah behubungan dengan keuangan. Tidak semua kita beruntung dapat memiliki uang banyak. Walaupun begitu, nikmatilah hidup ini dengan sukacita dan PUJILAH TUHAN !

Barangkali kita memiliki kapasitas untuk dapat berupaya hingga mencapai keinginan untuk memiliki lebih banyak uang, tetapi tidak semua keinginan harus terpenuhi. 

Jangan rakus dan jangan menjadi hamba uang. Cukupkan diri dengan apa yang ada. Itulah nasihat penulis kitab Ibrani. Jangan haus akan uang. Itu tuntunan dan petunjuk Allah melalui Alkitab.

 See the source image

Yakinlah akan pemeliharaan dan kasih sayang Tuhan atas kebutuhan hidup kita. Kasih sayang Tuhan abadi dan tidak berubah jikapun keinginan kita belum atau bahkan tak tercapai sekalipun.

Selamat bekerja.
Selamat beraktiftas.
Selamat melayani.

Tuhan memberkati dan menyertai kita. Amin.

Teriring salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...