Berdoa Kepada Tuhan Bagi Kotamu


24 September 2019

Yeremia 29:7
Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada TUHAN, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu.

Dalam status bangsa Israel yang akan terbuang, nabi Yeremia berpesan dan menasihati bangsanya agar melakukan paling tidak dua hal, yaitu:
1. Agar di tempat pembuanganpun, bangsanya tetap berpikir dan berusaha untuk sesuatu yang mendatangkan damai sejahtera.
2. Agar di tempat pembuanganpun, bangsanya berdoa untuk terwujudnya damai sejahtera.

Sebagai bangsa yang terbuang, bangsa Israel pastilah mengalami derita. Bangsa ini akan menjadi warga kelas bawah. 

Secara manusia, mereka wajar berpikir susun strategi dan berjuang untuk membebaskan diri. Segala cara haruslah dilakukan untuk mengubah status mereka sebagai bangsa terbuang untuk kembali ke negeri mereka. Namun di tengah-tengah situasi seperti itu, nabi Yeremia menyerukan sesuatu yang sangat menyejukkan; berupaya dan berdoa untuk sesuatu yang mendatangkan damai sejahtera di negeri pembuangan.

Di negeri ini, kita bukanlah suku atau bangsa yang terbuang, tetapi kita ditempatkan Allah menjadi warga negara yang sama dan sederajat. Oleh sebab itu... sudahkah kita berupaya dan berdoa untuk kedamaian dan kesejahteraan bangsa kita?

Beragam tentunya upaya yang dapat kita lakukan bagi negara dan bangsa kita. Bila diambil skala 1 hingga 10, kita berada di angka berapa? Maksimumkanlah angka kita, sesuai peran masing-masing.

Di tengah-tengah maraknya beban bangsa kita, dan tingginya cita-cita serta banyaknya permintaan kita dalam doa, adakah di situ terisi doa bagi negara dan bangsa kita?

Marilah kita menjadi bagian dari orang-orang di negeri ini yang senantiasa berkeinginan, berdoa dan berupaya untuk kesejahteraan kita bersama.
M a r i  ! ! !

Selamat belajar.
Selamat bekerja.
Selamat melayani.

Tuhan memberkati dan memperlengkapi kita untuk membawa damai dan sejahtera di manapun kita berada.
Amin.

Salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...