Melayani Karena Panggilan atau Upah??..

14 November 2019

Matius 19:27 
Lalu Petrus menjawab dan berkata kepada Yesus: "Kami ini telah meninggalkan segala sesuatu dan mengikut Engkau; jadi apakah yang akan kami peroleh?"

Petrus mempertanyakan apa yang akan dia peroleh dalam mengikut Yesus. Petrus menghitung-hitung bahwa dia sudah melakukan banyak hal... meninggalkan segala sesuatu demi mengikut Yesus. Jadi rasa-rasanya wajar jugalah kalau dia pertanyakan soal upah dalam mengikut Yesus.

Kita juga mungkin bertanya seperti Petrus, apa yang kita peroleh dalam mengikut Yesus. Seolah Petrus mewakili kita untuk bertanya-tanya apa untungnya ikut Yesus. Terlebih-lebih mungkin saat kita merasa jenuh hidup melayani. Apalagi jika kita sedang menghadapi tantangan dan persoalan dalam pelayanan. Barangkali ada ketidakcocokan dengan teman sekerja di gereja atau dalam persekutuan. Ketidaksepahaman dengan teman sekerja dalam pelayanan dapat membuat orang-orang sedang siap-siap mau mundur, atau pelayanannya tidak efektif lagi.

Yang juga dapat membuat upah jadi persoalan kita dalam melayani adalah karena merasa pelayanan adalah sekedar profesi atau pekerjaan saja... bukan sebagai panggilan... Jadi upahlah yang diharap-harap. Kehormatan dan pujian yang ditunggu-tunggu.

Tentu saja setiap hamba yang melayani layak dan pantas hidup dari pelayanannya. Jemaat juga haruslah tahu dan murah hati memberi, tetapi bagi setiap hamba-Nya haruslah waspada dan awasi diri... janganlah upah menjadi hal utama dalam melayani. Kualitas pelayanan kita haruslah dijaga dan meningkat terus dan tidak bergantung kepada upah.

Mari kita periksa diri. Mari kita sungguh-sungguh hidup melayani. Biarlah kehidupan melayani kita didasarkan bahwa itu panggilan Allah yang sungguh mulia, bukan sekedar profesi. Dengan demikian kita akan semakin murni dan dimurnikan hidup melayani... terbebas dari "tekanan ingin upah" dalam melayani.
S e m o g a   ! !

Selamat belajar.
Selamat bekerja.
Selamat melayani.

Tuhan Yesus memberkati.
Amin.

Salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...