Efisiensi Hidup

15 November 2019

Matius 25:21
Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu.

Patokan atau ukuran yang sering kita pakai melihat diri kita maupun dalam melihat orang lain adalah jumlah yang besar... kuantitas.

Padahal... menurut perumpamaan Tuhan Yesus soal talenta, tidak sama apa yang diberikan Tuhan kepada kita... berbeda-beda. 

Oleh karena itu cara Tuhan melihat kita bukan seberapa besar kita, tetapi apakah kita bertanggung jawab sepenuhnya dengan apa yang Tuhan beri? 

Kalau Tuhan memberi kita banyak, berbuatlah dengan yang banyak itu untuk kemuliaan Allah... jangan tahan-tahan!

Kalau Tuhan memberi kita sedang-sedang saja, bahkan kecil menurut kita... kita tetap berarti dan berharga di hadapan-Nya. Berbuatlah dengan yang sedang-sedang atau dengan yang sedikit itu untuk kemuliaan Allah... jangan merasa minder!

Kabar baiknya adalah, jika dalam pandangan Tuhan kita setia dalam perkara kecil, maka Dia akan memberi dan mempercayakan hal yang lebih besar. Ada peningkatan! Dan ujungnya adalah kebahagiaan.
Semangatlah ! ! !

Apapun yang kita lakukan asalkan dengan tulus dan sepenuh hati serta motifnya benar dalam pandangan Allah, semua baik dan berkualitas di hadapan-Nya. Percayalah!

Ibarat Hukum Termodinamika, sepertinya Allah memperhatikan dan memberlakukan efisiensi hidup kita. Allah melihat ratio antara apa yang kita perbuat dengan apa yang Dia beri. 

Berbicara soal efisiensi tersebut, hal ini mengajak kita untuk produktif melakukan apa yang baik dan benar di hadapan Tuhan. 
Jaga dan rawatlah efisiensi hidup kita
Semua itu untuk dan demi kemuliaan-Nya.
Amin... Amin... Amin...

Kabar baiknya juga adalah bahwa Dia menyertai, menolong dan menguatkan kita untuk mencapai efisiensi hidup sebesar mungkin.
P u j i   T u h a n !

Selamat belajar.
Selamat bekerja.
Selamat melayani.

Tuhan memberkati dan menyertai kita.
Amin.

Salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...