Jangan Gelisah dan Jangan Takut


17-Feb-2018



Yohanes 14:1

 Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku.



Orang bisa mengatakan uang Rp. 100.000 banyak dan sangat berarti, tetapi bisa juga orang mengatakan sangat sedikit dan tak berarti. 



Coba saja berikan uang sejumlah itu kepada seorang pengemis di jalan, pastilah dia sangat senang dan loncat kegirangan. Mungkin itu adalah pengalaman istimewa bagi dia dan akan diingatnya sepanjang dia hidup. Dia akan simpan uang itu di tempat khusus. Jika hilang, pasti dia sangat sedih dan akan dicari-cari terus. Dia merasa sangat kehilangan.



Tetapi jika uang sejumlah itu diberikan ke orang kaya... ya dia akan terima juga. Setelah menerima dia simpan begitu saja di kantong baju. Jika nanti tak kelihatan lagi karena terjatuh misalnya, tidaklah dia gelisahkan. Dia masih punya berlipat-lipat uang jauh lebih banyak.



Pandangan kita akan hidup sangat bergantung kepada hati dan pikiran... bergantung kepada hati yang merasa-rasakan dan otak yang berpikir;

Hidup ini kita katakan susah... boleh!. 

Kita katakan sulit... monggo!. 

Kita katakan senang dan menyenangkan... sangat bisa! 

Mau kita katakan rumit... ya kita bisa merumit-rumitkannya. 

Kita katakan menyenangkan... ya pasti boleh!



Kegelisahan hidup sering muncul karena kita tidak berpegang erat kepada keyakinan kita yang utuh kepada Tuhan Yesus. Kita terpaku sepenuhnya kepada diri kita dan apa yang kita lihat di sekeliling kita. 



Corak dan cara berpikir serta keputusan kita sering dipengaruhi oleh orang yang tidak bersandar penuh kepada Tuhan Yesus. Kita sering minta nasihat dan pendapat kepada orang-orang yang tidak mendasarkannya kepada kebenaran dan wibawa firman Tuhan yang hidup.



Sebetulnya hidup ini sederhana saja bila kita yakin kepada Yesus. Yesus berkata dalam ayat di atas agar kita jangan gelisah.* Kita disuruh untuk percaya saja kepada Dia... percaya kepada Yesus.



Rasul Paulus teladan kita berkata, 

"Sebab hidup kami ini adalah hidup karena percaya, bukan karena melihat" (2 Korintus 5:7)



Sahabat yang kekasih, mari kita melakukan 2 hal: 

1. Percaya sepenuhnya kepada Tuhan Yesus yang memimpin dan mengendalikan hidup kita. 

2. Lakukanlah yang terbaik dengan segenap hati apa yang mampu kita lakukan dengan semua talenta dan karunia-Nya. 



Apabila 2 hal tersebut sudah kita lakukan, apapun yang terjadi, jangan gelisah dan jangan takut, sebab kita sudah berada dalam jalur dan lintasan yang tepat dan benar.

Puji Tuhan !



Selamat Berlibur...

Selamat Beraktifitas...

Selamat Melayani...



Tuhan memberkati dan menyertai kita senantiasa. Amin



Salam dan doa,

Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...