Tetaplah Kerjakan Keselamatanmu

16-Feb-2018

Filipi 2 : 12  
Hai saudara-saudaraku yang kekasih, kamu senantiasa taat; karena itu tetaplah kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar, bukan saja seperti waktu aku masih hadir, tetapi terlebih pula sekarang waktu aku tidak hadir. 
See the source image

Misalkan Evelyne (seorang warga Amerika) menikah dengan seorang Indonesia. Atas permohonan kedua belah pihak keluarga, pemerintah mengabulkan permintaan mereka agar Evelyne disyahkan menjadi warga negara Indonesia. 

Secara hukum Evelyne sudah sepenuhnya menjadi warga negara Indonesia. Akan tetapi kebiasaan Evelyne masih seperti orang Amerika. Adat istiadat dan pola kehidupan sehari-hari dalam status warga negara yang baru masih banyak yang harus dipelajari. 

Evelyne belum sepenuhnya menyukai masakan Indonesia yang dirasakan dominan asin dan pedas. Adat istiadat masih amat canggung. Untuk itu dia berusaha keras dan bergumul. 

Sejalan dengan waktu, tahap demi tahap, sedikit demi sedikit dia dapat melewati masa-masa yang sulit. Kepribadian dan pola hidupnya menjadi semakin serupa dengan orang sekitarnya. 

Tentu saja tidak mudah bagi Evelyne melalui itu semua, tetapi berkat kesediaannya dan bantuan suaminya, akhirnya dia berhasil juga. Sehingga status hukumnya yang sudah menjadi warga negara Indonesia semakin dikukuhkan oleh kehidupannya yang menjadi semakin seperti orang Indonesia pada umumnya.

Orang yang telah percaya dan menerima Yesus Kristus, statusnya sudah berubah dari manusia lama menjadi manusia baru (lahir baru). Memiliki status baru tersebut adalah anugerah dan pemberian Allah semata-mata dalam Kristus. 

Akan tetapi dalam kenyataannya, orang tersebut masih harus berjuang untuk berubah dari pola hidup lama kepada pola hidup baru. Sisa manusia lama dalam tabiat dosa harus ditinggalkan. Di sinilah banyak perjuangan dan pergumulan yang dialami. Kita banyak mengalami jatuh bangun dalam upaya mencapai apa yang dikehendaki Tuhan. Sama halnya dengan Evelyne bergumul dari kebiasaan makan keju, harus makan sambel terasi... bahkan disuruh suaminya membuatnya.

Walau terasa berat, Allah meminta agar kita berjuang terus dengan serius dalam status kita yang telah diselamatkan... Rasul Paulus katakan: dengan takut dan gentar

Panggilan kita adalah untuk hidup berkemenangan. Pola hidup berkemenangan merupakan buah-buah pertobatan dari seseorang yang telah percaya kepada Kristus, dan untuk itu haruslah rela dan mau membayar harga. 

Tuhan akan memberi pertolongan agar kita dapat meraih hidup berkemenangan itu. Masalah yang sering muncul adalah kita tidak bersedia dan cenderung kembali kepada sifat manusia lama. 

Marilah kita berubah dari hari ke hari dan tetaplah berjuang bersama Tuhan untuk memiliki sifat manuisa baru sebagai tanda bahwa kita telah percaya dan telah menerima Kristus. 

Slamat Berlibur...
Selamat Beraktifitas...
Selamat Melayani...

Tuhan memberkati dan menyertai kita senantiasa. Amin



Salam dan doa,

Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...