Takut Akan Tuhan


30-Mei-2017



Amsal 15:33 

Takut akan TUHAN adalah didikan yang mendatangkan hikmat, dan kerendahan hati mendahului kehormatan.



Salah satu kebutuhan manusia adalah merasa diterima dan dihargai. Sejalan dengan itu, salah satu keinginan manusia adalah dihormati. Adanya keinginan diterima, dihargai dan dihormati adalah wajar sebab itulah kodrat kita. 



Hanya saja sering orang mencari kehormatan dengan cara tidak hormat. Ada orang mencari hormat dengan menjatuhkan dan merendahkan orang lain. Ada juga yang berjuang mati-matian sekedar ingin dihormati. Bagi mereka pujian adalah segala-galanya. Jika tidak dipuji, kemungkinan dia marah atau memberi respons yang tak menyenangkan. Ada orang ingin dihormati berlebihan.



Amsal memberi resep yang harus ditempuh bagi setiap orang yang merindukan kehormatan yaitu takut akan Allah. Salah satu makna takut akan Tuhan adalah menghormati Tuhan, mau dididik oleh Tuhan dengan cara-Nya. itulah kehormatan sejati.



Setiap orang yang merindukan kehormatan haruslah terlebih dahulu siap merendahkan hatinya. Tanpa kerendahan hati, kehormatan dan pujian justru dapat menghancurkan kepribadian orang. Orang dapat menjadi sombong dan congkak. Orang dapat menjadi haus dan gila hormat.



Marilah kita hidup takut akan Tuhan! Tidak usah dan tak perlu mengejar-ngejar kehormatan diri dari manusia. Biarlah kita taat kepada apa yang diajarkan Yesus. 

Rajin belajar. 

Tekun bekerja. 

Fokus pada tujuan hidup.

Hidup mengabdi.

Lakukan segala sesuatu dengan cara terbaik.

Jalani perintah-Nya dengan setia. Itu saja....simpel



Kehormatan itu akan datang sendiri. Kalaupun tidak dihormati manusia tak apalah, kalau disayang Tuhan... itu LEBIH dari CUKUP melebihi penghormatan manusia... kok repot-repot?



Mari kita saling merendahkan hati dan saling membangun dalam Kristus. Marilah juga kita beri pujian yang wajar bagi orang-orang yang memang sepatutnyalah dipuji, agar mereka juga tetap dibangun dan bertumbuh di dalam Yesus. Puji Tuhan.



Selamat bekerja dan selamat beraktifitas.

Selamat melayani.



Tuhan memberkati kita. Amin.



Teriring salam dan doa dalam kasih-Nya,

Alamta Singarimbun – Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...