Yang Menyegarkan Tubuh atau Membusukkan Tulang?


08-Feb-2018



Amsal 14:30 

Hati yang tenang menyegarkan tubuh, tetapi iri hati membusukkan tulang. 



Hati yang tenang adalah  sumber untuk kesegaran dan kebugaran tubuh. Betapa sering orang tidak dapat tenang bukan karena kekurangan atau karena tidak punya, tetapi kegelisahan sering muncul dipicu ketika membandingkan diri dengan orang lain. 



Adanya perasaan orang lain lebih baik dan lebih beruntung, dapat memunculkan rasa iri. Kalaupun orang lebih baik dan lebih beruntung dari kita, kenapa rupanya? 

Terganggukah kita oleh itu?



Amsal mengatakan bahwa iri hati membusukkan tulang. Tulang adalah pembentuk tubuh. Tulang berfungsi mengokohkan tubuh. Bayangkan kalau tulang tidak kuat, apalagi bila seperti kata Amsal: busuk, maka apa jadinya? Tanpa tulang, tubuh kita akan menjadi seonggok daging saja tak berbentuk dan tak berdaya apa-apa. 



Walau mungkin tulang kita secara fisik normal dan kuat serta sering dilatih dengan olah raga teratur, tetapi dalam kondisi hati tidak tenang bahkan jika ada perasaan iri menyelinap di hati, maka sesungguhnya sedang terjadi pembusukan tulang.

See the source image 

Kesehatan tubuh dapat terkuras habis bila terus-menerus hati tidak tenang apalagi dibakar dengki dan iri hati. Yang jelas iri hati adalah tabiat manusia lama yang harus dibuang dan dikikis habis sampai tuntas.



Iri hati dapat terlihat dan terasa jelas dari  seseorang melalui sikapnya yang ketus atau rasa tak bersahabat. Akan tetapi sering juga manifestasi iri tidak nampak karena disimpan tersembunyi jauh dalam hati. Tapi efeknya sama saja, sama-sama membusukkan tulang. Hati-hati !



Oleh sebab itu mari kita cermati diri. 

Dalam hal apa kita tidak puas dan berakibat timbul ketidaktenangan? 

Apakah saat ini rasa iri masih ada tersimpan erat dalam hati?



Memang rasa tidak puas boleh saja ada, bahkan dalam situasi tertentu mungkin baik karena dapat memotivasi kita untuk melakukan yang lebih baik. Tentu ini positif. Namun bila rasa tidak puas itu membawa gelisah berkepanjangan bahkan memicu iri hati dan dengki... tentu bahaya. Awas pembusukan tulang akan terjadi kata Amsal... ya... pembusukan tulang keyakinan... tulang iman... tulang pengharapan... tulang perilaku... dan tulang-tulang lain...



Untuk pembebasan kita dari ketidaktenangan dan perasaan iri, mari kita belajar terus kepada PRIBADI AGUNG Yesus Kristus.



Dalam Yesus ada jawaban sempurna dan obat ampuh untuk beroleh hati yang tenang dan untuk kebebasan dari rasa dengki dan iri. Mintalah terus kekuatan kepada Yesus. Roh Kudus akan menolong kita. 

Percayalah !



Selamat belajar...

Selamat bekerja...

Selamat berkarya

Selamat melayani.



Tuhan menyertai dan memberkati kita.

Amin.



Teriring salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...