Betapa Besar Pekerjaan dan Rancangan Tuhan



12-Feb-2018

Mazmur 92:5    
Betapa besarnya pekerjaan-pekerjaan-Mu, ya TUHAN, dan sangat dalamnya rancangan-rancangan-Mu


Dalam ilmu astronomi, diketahui ada sebuah bintang raksasa yang amat besar diberi nama VY Canis Majoris atau dijuluki juga namanya sebagai Red Hypergiant. 

Menurut penelitian sungguh sangat luar biasa besarnya. Diameternya adalah 2.800.000.000 km. Bandingkan dengan bumi ini yang diameternya hanyalah sekitar 13.000 km. Bila dihitung, maka diperoleh volume bintang tersebut sebesar 11.500.000.000.000.000.000.000.000.000 km kubik, atau 11.500 triliun-triliun km kubik. Luar biasa ! 

Kalau dibandingkan dengan volume bumi, maka besarnya volume VY Canis Majoris adalah 10.000.000.000.000.000 kali volume bumi atau 10.000 triliun kali volume bumi...fantastis! 

Bila seseorang naik pesawat terbang berkecepatan 900 km/jam, maka dibutuhkan waktu mengelilingi bumi ini selama 45,38 jam. Akan tetapi untuk mengeliling bintang VY Canis Majoris, dibutuhkan waktu selama 1.116 tahun lamanya (cobalah hitung, berapa generasi itu ?). 

Walau demikian, jika dibandingkan dengan dimensi alam semesta ini, maka bintang VY Canis Majoris yang dikatakan besar itu amatlah terlalu kecil... tidak kelihatan !  VY Canis Majoris tidak dapat digambarkan keberadaannya dalam peta alam semesta meskipun hanya dengan sebuah titik. 

Betapa luar biasanya Allah yang menciptakan alam semesta ini. Dengan hal-hal nyata dan real sajapun tidak mampu kita menduga betapa besarnya Allah, apalagi diperhadapkan dengan hal-hal yang tidak real di luar akal kita, tentu semakin kecillah kekuatan pikiran kita untuk dapat menduga kebesaran-Nya! 

Hal tersebut semestinya berdampak kepada kita yang percaya kepada Allah untuk senantiasa hormat dan tunduk kepada-Nya

Allah sungguh Maha Besar menakjubkan. Dia berdaulat atas apapun. Kita tidak dapat memahami utuh rahasia dan kebesaran Allah. Kita ini adalah ciptaan-Nya. Allah mengenal kita detail sampai ke hal-hal yang sekecil-kecilnya dalam diri kita. Kita tidak dapat bersembunyi dan tak dapat lari dari hadapan-Nya. 

Kita bersyukur karena kita dapat mengenal dan menyapa Allah sebagai Bapa di dalam Tuhan Yesus Kristus. Puji Tuhan !

Selamqt belajar...
Selamat bekerja...
Selamat beraktftas...
Selamat melayani

Tuhan memberkati dan menyertai kita. Amin.

Teriring salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...