Orang Jujur Sahabat Allah

23-Feb-2018

Amsal 3:31-32
Janganlah iri hati kepada orang yang melakukan kelaliman, dan janganlah memilih satu pun dari jalannya,
karena orang yang sesat adalah kekejian bagi TUHAN, *tetapi dengan orang jujur Ia bergaul erat. 
2 Korintus 8 : 21
Karena kami memikirkan yang baik, bukan hanya di hadapan Tuhan, tetapi juga di hadapan manusia

Setelah nilai ujian diumumkan, seorang dosen sering didatangi oleh beberapa  mahasiswa yang ingin nilainya perlu ditinjau kembali dengan harapan nilainya dapat naik menjadi lebih tinggi. 
Ada mahasiswa yang mengatakan bahwa nilainya di ambang batas, karena itu dia meminta agar dosennya memiliki hati yang bijaksana untuk dapat mempertimbangkannya. Maksudnya sebenarnya agar nilainya dapat diperbaiki dan diubah menjadi lebih tinggi dari BC (C+) ke B
Ada yang meminta agar diberikan kesempatan membuat tugas tambahan agar nilainya naik, bahkan ada yang meminta dibuat ujian sekali lagi. 
Yahhhh... yang namanya usaha... begitulah...

Tetapi sekali ini sangat berbeda ! 
Suatu pagi, seorang dosen didatangi oleh seorang mahasiswa perihal nilai ujiannya. Mahasiswa itu mengatakan bahwa dosennya itu salah merata-ratakan nilainya. Mestinya nilai akhirnya 71, sehingga dapat AB (B+) harusnya. Rupanya si dosen merata-ratakannya salah, kelebihan menjadi 81, sehingga dalam daftar nilai mahasiwa tersebut memperoleh nilai A
Si dosen tertegun dan kagum melihat mahasiswa tersebut karena kejadian seperti ini amat langka. Biasanya kebanyakan berusaha dengan cara apapun agar nilai naik, tetapi kali ini kok ada mahasiswa jujur dengan risiko nilainya turun dari A ke AB (B+)

Kejujuran adalah suatu karakter yang menunjukkan apakah seseorang dapat dipercaya atau tidak. Kejujuran adalah sikap yang membangun nama baik dan reputasi seseorang.
Ada seorang pemimpin perusahaan yang selalu mengajarkan anak buahnya untuk hidup jujur. Tetapi ketika telepon berdering, dia menyuruh sekretarisnya untuk mengatakan bahwa dia sedang tidak ada di tempat. Rupanya dia sedang malas dan tidak mau direpotkan bebicara dengan seseorang yang ingin minta bantuan kepadanya.

Banyak orang berteriak dan berbicara soal kejujuran, tetapi nyatanya justru dia melakukan kebohongan. Ada yang berani-beraninya menuliskan namanya: Dr.  Xxxxx Zzzzz, tetapi sebetulnya dia tidak berhak atas gelar itu, karena memang tidak pernah sekolah untuk beroleh gelar Doktor. 
Apalah arti gelar Doktor kalau harus seperti itu. 
Gelar Doktorkah segalanya? 
Dengan Doktorkah kita naik level dan merasa diri berharga?... 
TIDAK ! 

Harga diri kita sesungguhnya besemayam di dalam NAMA BESAR Yesus Kristus Tuhan.
Walau sering sulit jujur karena beresiko dan harus bayar harga, namun marilah kita terus berjuang tanpa henti untuk hidup jujur dan tulus di hadapan manusia, terlebih di hadapan Tuhan.
Orang yang jujur dan tulus serta hidup berjuang dalam kebenaran akan dijuluki dan dikenang sebagai sahabat Allah.
Puji Tuhan !!

Selamat belajar
Selamat bekerja
Selamat beraktifitas
Selamat melayani

Tuhan berkati. Amin.

Teriring salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...