Panggilan dan Pilihan Makin Teguh



03-Jun-2017

2 Petrus 1:10 
Karena itu, saudara-saudaraku, berusahalah sungguh-sungguh, supaya panggilan dan pilihanmu makin teguh. Sebab jikalau kamu melakukannya, kamu tidak akan pernah tersandung.

Ketika masih mahasiswa, saya pernah bertanya ke seorang sahabat wanita mengapa dia kuliah di tempat saya kuliah. Terasa lucu jawabannya sebab dia bilang ingin dapat suami dari almamater yang sama. Jadi peluangnya akan lebih besar dibanding bila kuliah di tempat lain. Setelah dapat lantas bagaimana? Dia menjawab akan fokus menjadi istri dan ibu yang baik. Aneh mungkin ya ???

Berbagai dan beragam panggilan kita. Passion kita berbeda-beda. Apapun panggilan kita semua baik adanya. Ada yang dipanggil dan dipercayakan Tuhan melayani di ladang-Nya sepenuh waktu. Ada yang menjadi pegawai negeri, bahkan berhasil menjadi pejabat penting. Ada yang berbisnis. Ada yang menjadi pegawai swasta. Ada militer. Ada banyak lagi jenis profesi lain yang kita emban. Bahkan ada yang kombinasi dari berbagai profesi tersebut. Semua itu baik dan semua dibutuhkan.

Kita memilih profesi sesuai passion dan kesempatan yang ada. Atau ada hal lain yang menjadi alasannya, dan kebanyakan orang memilih dengan alasan pendapatannya lebih tinggi. Ada pula melihat dari sisi peluang karir. Kitalah yang tahu alasan kita apa. Dan ada juga yang di tengah perjalanan hidupnya siap terpanggil keluar dari zona nyamannya dan menjalani kehidupan yang berbeda dengan cita-cita awalnya dulu. 

Biarlah panggilan kita jelas dan semakin jelas. Temukanlah itu. Bila sudah menemukannya, bertekunlah di situ. Panggilan kita akan semakin teguh jika kita melakukannya dengan sungguh-sungguh, fokus dan totalitas. Inilah salah satu makna sukses. 

Semua kita menjadi orang yang sukses bila kita hidup dalam lintasan yang memang maunya Tuhan kita seperti itu, walau mungkin kedudukan dan perolehan kita tidak seberapa. Kita diingatkan agar kita menjadi saksi Kristus dimanapun dan apapun profesi kita.

Selamat beraktifitas.
Selamat berlibur.

Tuhan memberkati kita. Amin.

Salam dan doa,
Alamta Singarimbun – Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...