Mencari dan Mengejar Harta Terpendam



03-Ags-2017

Amsal 2:4-5 
Jikalau engkau mencarinya seperti mencari perak, dan mengejarnya seperti mengejar harta terpendam, maka engkau akan memperoleh pengertian tentang takut akan TUHAN dan mendapat pengenalan akan Allah.

Emas atau perak diperolah dari bahan galian. Dari sekian banyak bahan galian, ada berapa persen kandungan emas atau peraknya? Tentu berbeda untuk setiap daerah galian, tetapi boleh dijawab dengan kata: sangat sedikit.

Walau sangat sedikit, tetapi harus diupayakan dengan tekun. Ada tahapan proses yang harus dilakukan. Semakin sempurna prosesnya, semakin murni emas atau perak yang didapat. 

Sebelum emas atau perak diperoleh, pastilah bahan galian itu tidak menarik. Bagi yang tidak memahami, akan dibuang atau mungkin digunakan sekedar menimbun lobang dan diinjak-injak.

Begitulah hidup ini. Sering tidak menarik dan terasa jenuh. Tetapi harus dijalani proses hidup kita masing-masing. Walau sering terasa sulit dan menyakitkan, hadapilah setiap proses dari satu tahap ke tahap berikutnya dengan baik. Jangan lari dan jangan keluar dari proses itu.

Dan adalah kewajiban bagi kita untuk saling mengingatkan, saling menasihati, saling meneguhkan dan saling mendoakan. Sudahkah kita lakukan semua ini?, atau minimal salah satupun tak apalah...

Mungkin tidak tahu kita sedang berada di tahap proses mana. Tetapi jalani saja terus. Akhirnya nanti kita akan memahami dan mengerti seluruh maksud Tuhan atas diri kita. Biarlah kita nanti mengangguk-anggukkan kepala seraya berkata, "Ohhhh... ini rupanya maksud Tuhan buat saya ya..." Bila ini terjadi, maka kita akan puas hidup. 

Sama halnya dengan seorang mahasiswa yang sedang mendapat pelajaran yang sulit. Jangan putus asa! Harus bertekun belajar. Tanyalah orang yang tahu. Datanglah ke dosennya. Bacalah bukunya. 

Bila akhirnya sang mahasiswa memahaminya, dia akan puas dan sangat senang. Jika dia orang Jepang, dia akan menganggukkan kepalanya sambil berkata... bila perlu berteriak keras-keras, " Wakatta... wakarimashita...!!!" Dosennya pun akan senang dan memberi pujian dengan nilai A.

Mari kita dengan kekuatan penuh dari Tuhan mencari dan mengejar PERAK harta terpendam berupa hikmat, pengertian dan takut akan Tuhan serta pengenalan akan Dia. Biarlah akhirnya kita nanti akan berseru "Wakatta !... Aku mengerti !" di akhir proses hidup ini. 
SEMOGA...

Selamat bekerja...
Selamat beraktifitas...
Selamat melayani...

Tuhan menyertai dan memberkati kita senantiasa. 
Amin.

Salam dan doa,
Alamta Singarimbun – Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...