Betapa Kayanya



04-Mei-2017

Efesus 1:18 
Dan supaya Ia menjadikan mata hatimu terang, agar kamu mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya: betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukan-Nya bagi orang-orang kudus

Ada dua jenis berkat yaitu berkat umum dan berkat khusus.

Berkat umum adalah berkat yang dapat dimiliki setiap orang, antara lain: kecerdasan, status sosial, kekayaan, jabatan tinggi, pangkat, gelar banyak, populer, terkenal, nama baik, skill, multi talent, dan sebagainya. Berkat tersebut diperoleh di dunia ini. Di dunia inilah berkat umum tersebut berlaku dan dinikmati. Berkat tersebut durasinya pendek saja. Besokpun bisa hilang. Atau tahun depan jika sudah berada dalam lokasi 1m x 2m itu.

Namun tentu ironi juga jika berkat umum itupun tak dapat dinikmati. Betapa banyak orang tidak bisa minum teh manis karena sakit gula. Tidak bisa menikmati makanan enak karena kolesterol tinggi. Tidak dapat menikmati itu semua bukan karena tak punya, namun karena kurang sehat. Apa yang ada di depan mata tak dapat dirasakan kenikmatannya dengan alasan kesehatan... ini tentu penderitaan.

Baiklah... kita lupakan dulu berkat umum tersebut karena pembahasannya akan menjadi cerita panjang.

Berkat yang kedua adalah berkat khusus
Yang namanya khusus tentulah istimewa. Berkat ini adalah keselamatan jiwa. Karena istimewa, maka perwujudannya secara sempurna nanti akan dinyatakan. Berkat itu dinikmati bukan di dunia fana ini, tapi nanti di SEBERANG SANA tempatnya. Seperti hadiah saja... disimpan dulu. Berkat khusus durasinya kekal... tak habis-habis.

Sama seperti seorang anak yang merayakan ulang tahun. Semua tamu yang datang dijamu makan dulu. Semua kebagian makanan enak meski mungkin ada juga yang tidak bisa makan banyak atau tak bisa makan sama sekali... inilah berkat umum itu. 

Namun kado yang indah hanyalah khusus bagi yang berulang tahun dan itu sangat dinantikan... sabar dulu. Pasti ayah dan ibu sudah siapkan. Tunggu saja tamu-tamu pulang dulu. Atau saat perayaan kado itu diberikan di depan para tamu yang menyumbangkan tepuk tangannya dengan riuh. Kado boleh dibuka tapi khusus buat anak yang berulang tahun. Atau nanti sajalah dibuka... sabar saja. Inilah berkat khusus itu.

Itulah yang dimaksudkan Rasul Paulus dengan kata-katanya: betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukan-Nya bagi orang-orang kudus.  Ya... orang-orang yang dikuduskan... dikhususkan... diselamatkan oleh Yesus. Sudahkah kita terima berkat khusus itu?

Rasul Paulus mengatakan: "betapa kayanya." Artinya sungguh-sungguh luar biasa memang. Wujudnya di atas dugaan kita pasti kualitasnya. Oleh sebab itu Paulus berdoa dan kitapun berdoalah agar semakin jelas dan semakin terang bagi kita akan berkat khusus itu. Jangan samar-samar dan jangan kabur.

Rugi besar dan malang benar bila tidak beroleh berkat khusus itu meskipun melimpah dalam berkat umum. Secara ekstrim saya ingin mengatakan adalah lebih baik tidak banyak mengalami berkat umum, tapi beroleh berkat khusus nanti. Kalau dua-duanya dapat... wahhh... terima kasih....

Sama halnya dengan anak yang ulang tahun tadi yang hanya sedikit makan bahkan tak sempat makanpun karena ikut sibuk melayani menjamu para tamu... tapi kado indah sudah siap menanti. Bayangkanlah anak itu makan sekenyang-kenyangnya... sepuas-puasnya berpiring-piring makanan disantap... tetapi tidak ada kado indah... kasihan juga.

Para sahabat... mari kita serius hidup, serius bekerja, serius berkarya, serius berbuat terbaik, serius mengabdi dan serius melayani tanpa henti dan tak kenal lelah. Meski kurang-kurangpun berkat umum untuk kita... tak apalah... yang penting nantikanlah berkat khusus itu dalam Yesus Kristus. Amin.

Tuhan Yesus berkati.

Salam dan doa,
Alamta Singarimbun – Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...