Ya Bapa, Ampunilah Mereka



14-Apr-2017

Lukas 23:35-37
Orang banyak berdiri di situ dan melihat semuanya. Pemimpin-pemimpin mengejek Dia, katanya: "Orang lain Ia selamatkan, biarlah sekarang Ia menyelamatkan diri-Nya sendiri, jika Ia adalah Mesias, orang yang dipilih Allah."
Juga prajurit-prajurit mengolok-olokkan Dia; mereka mengunjukkan anggur asam kepada-Nya dan berkata: "Jika Engkau adalah raja orang Yahudi, selamatkanlah diri-Mu!"

Bayangkan jika kita jatuh dan kita merasakan sakit dengan tubuh luka berdarah-darah, lantas orang-orang bukannya menolong, tapi mereka menyoraki dan mengejek kita... bagaimana perasaan kita? Apa yang akan kita lakukan?

Mungkin keluar emosi dengan kemarahan meluap, dan jika tidak bisa melawan, maka kitapun berkata, "Tunggu aja pembalasanku" Akan ada dendam meluap.

Ketika Yesus digantung di kayu salib dengan kesakitan luar biasa dan mendalam,  orang-orangpun mengejek-Nya. Mulai dari para pemimpin hingga masyarakat bawah semuanya menghina Yesus.

Para prajurit mengolok-olok Dia.
Orang-orang melampiaskan ketidakpercayaannya kepada Yesus dengan ucapan kasar. 
KEMESIASAN Yesus ditolak mentah-mentah. 

Sehubungan dengan itu, 
Apa yang dikatakan Yesus? 
Marahkah Dia? 
Dendamkah Dia? 
Apakah kata-kata-Nya menyakitkan?

Tidak... tidak... dan tidak...

Malah Yesus dengan pengampunan sempurna berkata, "Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat" (Lukas 23:34a).

Seruan Yesus merupakan ucapan MESIAS... ucapan menyejukkan... seruan panggilan untuk kita.

Dosa-dosa kitalah yang membuat sengsara Yesus... yang membuat Dia menderita. Dan... walaupun begitu Dia mengasihi kita. Dia memberi ampun sepenuhnya.

Para sahabat... marilah kita menerima pengampunan-Nya. Oleh kematian Yesus kita hidup. Oleh kasih-Nya kita selamat. 

Cukuplah orang-orang di sekitar penyaliban Yesus yang menghina Dia. Saat inipun banyak orang mengolok-olok Dia. Namun bagi kita... kita membuka hati dan menerima Dia sehingga genaplah ucapan Yesus... KITA DIAMPUNI...

Para sahabat yang kekasih... 
SELAMAT JUMAT AGUNG.

Tuhan memberkati kita senantiasa.

Tuhan Yesus mengampuni kita dari segala dosa-dosa kita.
Amin...

Teriring salam dan doa,
Alamta Singarimbun – Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...