Cepat Mendengar, Lambat Berkata-kata



01-Feb-2017

Yakobus 1:19 
Hai saudara-saudara yang kukasihi, ingatlah hal ini: setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata, dan juga lambat untuk marah.

Kecenderungan kita sering adalah berkebalikan dengan apa kata ayat di atas... kita sering lambat mendengar namun cepat berkata-kata dan cepat marah.

Mendengar berhubungan dengan menerima nasihat. Dengan menerima nasihat kita akan lebih bijak... dan itu berkaitan dengan kedalaman jiwa dan kerendahan hati.

Berkata-kata berhubungan dengan pengungkapan apa yang ada di dalam hati dan pikiran. Orang sering dinilai dari kata-kata dan ucapannya. 

Kata-kata tepat  menyejukkan dan dapat membangun. Akan tetapi kata-kata sembarangan meruntuhkan dan dapat merusak hubungan. Kemarahan berhubungan dengan kekecewaan, kekesalan, rasa tidak suka dan sebagainya.

Kata-kata yang belum keluar dari mulut masih menjadi milik kita. Tapi kata-kata yang sudah keluar, sudah menjadi milik umum. Bayangkan jika kata-kata itu kosong apalagi menyakitkan. Walau mungkin masih tersedia fasilitas kata MAAF, namun kata-kata buruk dapat membekas. Oleh sebab itu Yakobus berkata lambatlah berkata-kata, artinya kita  diajak agar tidak sembarang tergesa-gesa berbicara... pikir dahulu.

Mau mendengar dan menerima nasihat membawa suasana damai dan kebaikan. Berkata-kata berlebihan apalag diwarnai rasa marah... akan membawa kekacauan dan ketegangan.

Kita berperan penting menghadirkan suasana damai maupun suasana tidak nyaman. Oleh sebab itu marilah kita lebih bijak menempatkan diri kita dengan setiap kata-kata kita. Terlebih-lebih biarlah setiap kata dan ucapan kita membuat orang mengenal SIAPA yang kita percayai yaitu Yesus Kritus. 

Alangkah indahnya bila kata-kata kita mendekatkan dan membawa jiwa datang kepada Yesus... SEMOGA...

Para sahabat yang kekasih...
Selamat bekerja dan selamat berkarya...
Selamat melayani...

Tuhan Allah menyertai dan memberkati kita. Amin...

Teriring salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...