Karena Iman



02-Feb-2017

Ibrani 11:17 
Karena iman maka Abraham, tatkala ia dicobai, mempersembahkan Ishak. Ia, yang telah menerima janji itu, rela mempersembahkan anaknya yang tunggal

Abraham sudah lama menantikan anak sebagai janji Allah. Pada saat yang tepat Allah menggenapi janji-Nya melalui kelahiran Ishak. Pastilah Abraham dan Sarah bersyukur dan amat senang dengan hadirnya Ishak dalam hidup mereka.

Di saat-saat Abraham menikmati suasana bahagia dengan anaknya yang terkasih, Tuhan menyuruh Abraham mempersembahkan Ishak. Tentu perintah ini amat sulit dilakukan dan tak masuk akal. Abraham diuji. 

Seandainya kita di pihak Abraham, mungkin kita bertanya-tanya... apa maksud Tuhan? Apakah Tuhan bercanda? Mungkin juga marah dan kecewa serta protes kepada Tuhan.

Akan tetapi Abraham rela mempersembahkan anaknya itu. 

Yang menarik di sini adalah Abraham lebih menghargai... lebih menaati... lebih fokus... lebih mengutamakan... lebih memelihara hubunganya dengan Tuhan daripada mempertahankan apa yang sedang dia nikmati dan senangi. 

Apa yang dilakukan Abraham sangat menakjubkan. Di akhir peristiwa ini Allah memuji Abraham.

Mengapa Abraham dapat melakukan perkara menakjubkan seperti itu?

Ibrani 11:17 diawali dengan kata: KARENA IMAN. Iman dan keyakinan yang memampukan Abraham melakukan perkara luar biasa. Ini adalah pelajaran besar dan berharga.

Sebagai manusia, Abrahan juga memiliki kelemahan tertentu, sebab tidak ada manusia sempurna. Namun dalam tindakan iman kita harus belajar banyak dari Abraham. 

Dalam Alkitab tidak banyak tercatat apa kata orang-orang terhadap Abraham. Hal itu tidak terlalu perlu diungkapkan. Yang lebih penting adalah apa rencana dan apa kata Allah tentang iman Abraham, sehingga namanya terukir menghias Ibrani11:17.

Para sahabat yang kekasih, mungkin dalam pandangan manusia kita biasa-biasa saja dan tak ada apa-apanya, mungkin juga terpinggirkan... tidak apalah... Namun di dalam pandangan Tuhan kita dapat melakukan pekerjaan luar biasa dan menarik perhatian-Nya.

Oleh sebab itu mari kita teladani Abraham dalam pertumbuhan iman, agar kita juga termotivasi dan dimampukan untuk terus-menerus bersemangat melakukan perkara besar dalam pandangan Allah.

Para sahabat yang kekasih...
Selamat bekerja dan selamat berkarya...
Selamat melayani...

Tuhan Allah menyertai dan memberkati kita. Amin...

Teriring salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...