Usaha Menentramkan



10-Feb-2017

Amsal 17:1 
Lebih baik sekerat roti yang kering disertai dengan ketenteraman, dari pada makanan daging serumah disertai dengan perbantahan.

Sudah rotinya cuma sekerat dan kering lagi...tetapi tenteram. Itu jauh lebih baik dari pada daging serumah, namun ada perbantahan, tidak akur, ada pertengkaran dan ada perselisihan.

Kita butuh dan sangat perlu hubungan baik dengan semua orang... dalam keluarga, teman seprofesi, tetangga, dan banyak lagi jenis hubungan dan kekerabatan. Apalagi sesama saudara seiman. Juga dalam kelompok dan grup-grup komunikasi kita. Kita harus pelihara dan ciptakan hubungan baik.

Hubungan yang baik tidak selalu ditentukan oleh banyaknya apa yang kita punya... daging dan roti. Namun ada ketenteraman dan keharmonisan. Ada saling menerima. Tidak merasa diri kita lebih baik dan tidak merasa diri kita lebih buruk. Tidak merasa kita lebih tinggi dan tidak merasa kita lebih rendah. Saling menerima dan saling merendahkan hati serta saling menguatkan. 

Mari kita saling membangun. Saling mengasihi. Saling memaafkan. Jangan mengeksploitasi orang demi keuntungan diri. 

Berilah penghargaan yang sepatutnya kepada semua orang. Jika kewenangan ada pada kita, janganlah tahan-tahan hak dan rejeki orang. Dalam kesanggupan kita, buatlah orang berbahagia. 

Turut merasa senang bila orang senang dan merasa sedih bila melihat orang sedih... jangan sebaliknya !

Kalau belum ada kesanggupan berbagi roti dan daging... janganlah rebut roti dan daging orang.

Pastilah selalu ada kesempatan dan kemampuan kita membuat suasana damai walau sederhana sifatnya. Mulailah itu. Berilah itu. 

Orang mungkin bukan butuh roti dan daging dari kita, mereka lebih butuh senyuman damai. Sebab itu belajarlah tersenyum dan berilah senyuman terbaik diiringi kata-kata sejuk dari hati kepada semua orang.

Selamat bekerja dan selamat berkarya...
Selamat melayani...

Allah Bapa Maha Baik senantiasa memberkati dan menyertai kita dengan kasih-Nya. Amin...

Teriring salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...