Menjadi Peka dan Tanggap

14-Jan-2018

Filipi 2:4
dan janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga.

Ada seorang pelawak yang dalam lakonnya dibuat berwatak hanya bisa mendengar dan memahami jika yang dibicarakan soal uang.

Jika bukan uang yang dibicarakan, maka dia akan tuli, walau suara lawan bicaranya keras. Responsnya selalu saja salah jika konteks pembicaraan bukan uang.

Apabila uang yang dimaksudkan, apalagi dia diuntungkan di situ, maka pembicaraan nyambung, walau suara dibuat perlahan. Bahkan bisik-bisik orangpun dia paham.

Dalam beberapa hal kitapun mungkin sering berwatak seperti pelawak itu. Kita hanya peka terhadap apa yang kita butuh dan apa yang kita mau. Jika pembicaraan tidak ada sangkut pautnya dengan diri kita, maka kita tidak berespons apa-apa... kita berdiam diri dan tidak bereaksi. Padahal mungkin kita dibutuhkan, artinya sering kita tidak peka dengan suasana dan keadaan orang-orang di sekitar kita.

Rasul Paulus mengingatkan agar kita belajar tanggap terhadap sekeliling kita dan berperan untuk sedapat mungkin berbuat sesuatu sehingga ada artinya kehadiran kita.

Marilah kita belajar terus menerus untuk dapat menjadi berkat dan memberkati walaupun mungkin dalam skala kecil.

Berikanlah apa yang dapat kita beri sesuai kapasitas dan kemampuan yang Tuhan percayakan. Tidak harus materi, tapi juga mungkin berupa perhatian, doa, perkataan membangun, tegur sapa yang baik, motivasi yang membangkitkan semangat, dan sebagainya.
Semoga !

Pastilah ada dan pasti kita bisa. Hanya saja kita sering menutup diri dan tidak mau direpotkan.

Selamat hari Minggu...
Selama Beribadah...
Selamat melayani...

Tuhan menyertai dan memberkati kita. Roh Kudus menuntun dan membimbing kita.
Amin.

Teriring salam dan doa,
AlamtaSingarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...