Membangun Kekuatan Jiwa dan Rohani



24-Jan-2017

Mazmur 20:7-8
Orang ini memegahkan kereta dan orang itu memegahkan kuda, tetapi kita bermegah dalam nama TUHAN, Allah kita.
Mereka rebah dan jatuh, tetapi kita bangun berdiri dan tetap tegak.

Zaman dahulu, seperangkat kereta dan kuda adalah lambang kekuatan. Kegagahan raja atau panglima perang dan bala tentara dilukiskan dengan kelengkapan kereta dan kudanya. Kunci kemenangan di medan laga sering diukur dengan jumlah kereta dan kuda yang berkualitas.

Dewasa ini bukan lagi kereta dan kuda seperti zaman dahulu sebagai simbol kekuatan. Ada kereta dan kuda dalam bentuk lain yang dibentuk manusia sebagai kekuatan fisik. Manusia  berlomba-lomba membangun kekuatan itu. 

Tentulah perlu kekuatan fisik dibangun untuk pertahanan diri. Akan tetapi kekuatan fisik yang dibangun manusia tentu selalu ada batasnya. 

Kita perlu membangun kekuatan lain yang sering terlupakan yaitu kekuatan jiwa dan rohani. Kekuatan inilah yang akan meneguhkan dan menyempurnakan kekuatan fisik yang sedang kita bangun. Kekuatan jiwa dan rohani dibangun dengan kehadiran Tuhan dalam diri kita.

Sejauh dan sekuat apapun kita bangun diri kita, tanpa kehadiran Tuhan, semua akan rapuh tak mampu bertahan menghadapi pergumulan perang kehidupan yang terus-menerus kita hadapi.

Oleh sebab itu marilah kita bangun diri kita secara utuh dan paripurna. Dalam keutuhan dan keparipurnaan tersebut, kehadiran dan kebersamaan kita dengan Allah tetap menjadi yang utama dan prioritas

Yakinlah bahwa kemegahan kita bersama Allah membuat kita teguh dan tetap tegak berdiri di tengah orang-orang yang rebah oleh karena mereka hanyalah mengandalkan kereta dan kuda buatannya.

Para sahabat yang kekasih...
Selamat bekerja dan selamat berkarya...
Selamat melayani...

Allah Yang Mulia tempat kita bermegah menyertai dan memberkati kita. Amin...

Teriring salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...