Mendahulukan Saudara



11-Jan-2017

Roma 12:10
Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormat.

Ada dua orang ayah membawa oleh-oleh yang indah untuk anak-anaknya. Oleh-oleh itu mudah pecah. Karena itu harus diperlakukan dengan baik; jangan sampai terjatuh. Kedua ayah tersebut memberi label nama anaknya dalam oleh-oleh itu.

Di rumah ayah yang pertama; ketika diberikan, anak-anaknya berlomba berebut hadiah itu. Masing-masing mencari hadiah sesuai namanya. Karena berebut, hadiah itu berjatuhan dan pecah. Ada yang tidak pecah tapi yang mendapat tidak sesuai namanya. Karena senangnya, langsung disembunyikannya, padahal itu bukan untuknya. Melihat itu, anak yang merasa berhak merebut dan mereka bertengkar. Dalam pertengkaran itu, hadiah itu jatuh dan pecah juga.

Berbeda dengan ayah yang kedua. Anak-anaknya disuruh teratur mengambil satu-persatu. Tidak persoalan salah ambil. Pegang saja dulu. Setelah selesai masing-masing anak melihat hadiah yang diambil. Kalau tidak sesuai, berikan ke saudaranya sesuai nama yang tertera. Semua senang. Tidak ada hadiah yang rusak. Semua mendapat hadiah. Merekapun tersenyum bahagia dan berterima kasih kepada ayahnya.

Terkadang begitulah hidup ini. Banyak orang egois dan berebut. Tidak tahu apa yang diperebutkan. Semua berlomba-lomba dan beradu. Tidak peduli dan tidak mau berbagi. Hak orangpun diambil dan ditilep. Orang yang merasa haknya diambil marah dan berupaya merebut. Terjadi perselisihan... jadi kacau.
Image result for roman 12:10
Di dalam Yesus kita diingatkan untuk tidak berebut. Semua akan mendapat bagian dan rejekinya sesuai dengan apa yang telah diatur-Nya. Apa yang ditentukan-Nya itulah yang terbaik. Teratur sajalah hidup. Tidak usah iri akan rejeki orang lain. Nikmati dan syukuri apa yang Tuhan berikan. Jangan berlaku curang dan jangan egois. Jagalah kepercayaan yang diberikan kepada kita, terutama apa yang dipercayakan Tuhan karena itulah KEHORMATAN kita.

Selamat bekerja dan selamat berkarya...
Selamat melayani...

Allah Bapa menyertai dan memberkati kita. Amin...

Teriring salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...