Dibaharui Mengenakan Manusia Baru



07-Jan-2018

Efesus 4:23-24  
Supaya kamu dibaharui di dalam roh dan pikiranmu, dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya.

Dalam sebuah sirkus, orang terpesona melihat seekor anjing pintar. Anjing ini tahu angka-angka dan bisa berhitung. 

Ketika instrukturnya menulis dalam papan 3+4=?, maka anjing pintar ini mencari angka-angka dalam tumpukan, lalu dia memilih angka 7. Hebat!

Kemudian seorang penonton disuruh maju ke depan. Penonton ini kemudian menulis di papan: 8-6=?. Anjing ini kemudian mengambil angka 2. Luar biasa!

Penonton lain disuruh maju dan menulis angka 5+9=?. Anjing mengambil angka 14. Lalu ditulis 10-10=? Lagi-lagi anjing ini benar... dia ambil angka 0.

Seluruh penonton bertepuk tangan kagum. Anjing inipun diusap-usap oleh instruktur dan diberi upah makanan yang pasti nikmat bagi sang anjing.

Walau angka yang diberikan dibatasi dari 0 hingga 20 dan operasi hitung hanyalah tanda - dan +, tetapi anjing itu telah berhasil dan sangat istimewa. Tentu tidak diberikan hitungan yang rumit-rumit berupa diferensial dan integral... tidak!

Ketika menonton sirkus tersebut, terpikir dalam benak... pastilah semua itu butuh latihan banyak. Instruktur harus bersabar melatih dan anjing itupun dalam latihan pastilah banyak gagal-gagalnya... tapi harus terus dilatih hingga berhasil. Tentulah tidak bisa bagitu anjing itu lahir, lalu tuannya menulis angka di papan dan anjing langsung bisa... tidak!

Pertunjukan anjing menghitung itu menjadi salah satu acara yang paling disukai penonton di antara sekian banyak suguhan dan atraksi menarik dalam sirkus.

Pertunjukan sirkus itu merupakan suatu ilustrasi bagi kita untuk mengingatkan bahwa kita pun perlu berlatih. Kita harus melatih diri dengan hal-hal baik. Kita perlu mempelajari firman Tuhan.

Ketika kita lahir baru, maka status kita sudah menjadi anak-anak Allah. Namun watak kita perlu terus diperbaharui. Kita perlu bertumbuh hingga kuat dan berbuah. 

Kehidupan kita dengan segala macam tantangannya adalah dunia latihan kita. Kita harus menang. Tuhan Yesus adalah INSTRUKTUR AGUNG kita. Dalam pelaksanaannya, Tuhan memakai manusia melatih kita. 

Alkitab adalah buku teks kita. Buku rohani yang baik, renungan-renungan, dan sebagainya... adalah aplikasi buku teks yang dapat menolong kita. Dan paling penting adalah Roh Kudus menuntun kita. Dunia nyata menjadi ruang kelas dan laboratorium belajar kita.

Marilah kita terus serius bertumbuh. Tekunlah belajar... belajar kehidupan. Dengan demikian kita semua akan menjadi mutiara-mutiara dan permata Allah. Rasul Paulus mengatakan: roh dan pikiran kita dibaharui.

Akhirnya kita tidak hanya berstatus baru saja di dalam Yesus, tetapi faktanyapun kita akan menjadi anak-anak Allah yang hidup yang dibaharui dalam kebenaran. Tuhan mau seperti itu.
Puji Tuhan...

Selamat hari Minggu...
Selama Beribadah...
Selamat belajar dan berlatih kehidupan...

Tuhan menyertai dan memberkati kita.
Roh Kudus menuntun dan membimbing kita.
Amin.

Teriring salam dan doa,
AlamtaSingarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...