Keistimewaan Manusia Saat Penciptaan



Anda pasti sering mendengar bahwa manusia sangat istimewa saat diciptakan, tapi bagian Alkitab yang mana yang menyatakan manusia itu istimewa?

Kej. 1:11 Penciptaan tumbuh-tumbuhan, Tuhan berfirman kepada tanah.
Kej. 1:20 Penciptaan mahkluk dalam air, Tuhan berfirman kepada air.
Kej. 1:24 Penciptaan mahkluk di darat, Tuhan berfirman kepada bumi.
Image result for god create adam 
Berbeda dengan saat menciptakan manusia, Tuhan ternyata berfirman kepada diriNya sendiri.
Kej. 1:26-27. Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi."  Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.

Jagat raya sangatlah luas, matahari saja yang sangat besar dibandingkan bumi menjadi sangat kecil jika dibandingkan dengan jagat raya. Namun dalam 6 hari penciptaan segala sesuatu ternyata 4 hari digunakan Tuhan untuk mengatur dan mengisi bumi. Mengapa Tuhan memfocuskan penciptaan dengan mengatur dan mengisi bumi?  
Jawabannya adalah karena manusia Dia tempatkan di bumi, dan nyata sekali saat penciptaan dinyatakan Tuhan lengkap dengan pernyataan “sungguh amat baik”. Penciptaan lengkap dan selesai saat manusia Tuhan ciptakan.

Lalu bumi yang Tuhan ciptakan dia kuasakan kepada manusia untuk menguasainya.
Kej. 1:28 Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: "Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi."  

Begitulah istimewanya manusia saat penciptaan, namun keistimewaan itu rusak sekejap saat timbul keinginan dalam hati manusia untuk menjadi seperti Tuhan dengan puncaknya adalah saat manusia itu memakan buah yang dilarang Tuhan.
Namun terpujilah Tuhan, dengan kasih karunia-Nya Dia rela menyerahkan Anak-Nya yang tunggal untuk menjadi korban penghapus dosa dan pendamaian antara manusia dengan Tuhan sehingga keistimewaan manusia dikembalikan bagi orang-orang yang mau menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juru-selamat, Juru-damai yang Agung.

Semangat Mempelajari Alkitab, Tuhan memberkati.

Lukas Ginting

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...