Jangan Membuat Saudara Kita Tersandung



01-Feb-2018

Roma 14:13  
Karena itu janganlah kita saling menghakimi lagi! Tetapi lebih baik kamu menganut pandangan ini: Jangan kita membuat saudara kita jatuh atau tersandung!

Di ruang pengadilan, akan terasa masing-masing pihak yang sedang berperkara saling berargumen dan saling membenarkan diri. Pihak yang bertikai akan melihat kelemahan dan kekurangan lawan dan membukakannya dengan gamblang, tetapi kesalahannya sendiri akan ditutupi dengan rapi. Bahkan bila perlu, ada saja upaya lain yang dilakukan agar perkaranya dimenangkan. 
Apa yang terjadi di pengadilan sering terjadi juga dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Bahkan gereja pun sering tidak luput dari suasana seperi itu, dimana orang saling menyalahkan dan saling membenarkan diri. Akibatnya tidak ada kedamaian. 
Ada saja orang yang selalu merasa dirinya benar atau membenarkan diri meski sebenarnya diapun mungkin merasa bahwa dia salah, hanya saja dia kurang belajar untuk rendah hati mengakui kesalahannya. 
Image result for rom 14:13
Kecenderungan menghakimi orang lain sering bersumber dan berawal dari hati... hati yang tidak puas, hati yang marah, sakit hati, panas hati, iri hati, hati berdosa yang belum dibereskan dengan Tuhan, dan lain-lain. 

Bagi orang yang selalu mencari kesalahan orang, di hatinya ada terus kekurangan orang lain, padahal diapun sebagai manusia pastilah ada kekurangannya. 

Kecenderungan suka menghakimi mencerminkan ketidakdewasaan. Ingatlah bahwa kita semua kelak akan menghadapi takhta pengadilan Allah yang benar-benar adil dan kita akan dihakimi di situ. 

Takaran dan ukuran penghakiman yang kita kenakan terhadap orang lain mungkin akan dikenakan kepada kita juga. Karena itu hati-hatilah terhadap sikap suka menghakimi, karena kitapun tak akan terluput dari situ, hanya menunggu waktu saja. 

Oleh sebab itu, akan lebih baik jika kita meninggalkan sikap suka menghakimi dengan sikap mengayomi. Meski ada yang bersalah, kita dapat menerimanya dengan arif dan dewasa. Biarlah kita senantiasa membawa berkat kesejukan dan kedamaian. 

Selamat belajar...
Selamat bekerja...
Selamat beraktiftas...
Selamat melayani... 

Tuhan memberkati. Amin

Teriring salam dan doa, 
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...