Hajaran Tuhan - Pukulan Kasih



06-Jan-2018

Ibrani 12:7

Jika kamu harus menanggung ganjaran; Allah memperlakukan kamu seperti anak. Di manakah terdapat anak yang tidak dihajar oleh ayahnya?

Orang tua yang sempurna akan mendidik anaknya dengan baik. Dalam didikan ada displin yang yang bagi anaknya tidak enak... ada hardikan... ada ganjaran... ada larangan... ada "pukulan kasih".

Bagi orang tua sendiripun mungkin ada perasaan kurang nyaman ketika  mendisplinkan anaknya... tapi itu harus. Kalau tidak, maka dia bukanlah orang tua sempurna.

Allah Bapa kita SEMPURNA, sebab itu Dia akan mendidik kita. Ada disiplin yang harus Dia lakukan untuk kita walau itu membuat kita menderita.

Sebab itu mari kita siapkan diri menerima dan menjalani setiap didikan Allah. Dengan didikan-Nya kita menjadi semakin dewasa.

Bagi sebagian orang Kristen tertentu terkadang ada perasaan alergi ketika diingatkan kata didikan dan disiplin. 

Perasaan ini akan menghambat dia untuk bertumbuh dengan baik. Dia akan tidak seimbang memahami kasih Allah yang sempurna dan hajaran Allah yang sungguh bermanfaat. Dalam keadaan ini akan lahir generasi Kristen yang manja dan tidak matang. Tentu ini harus dihindari.

Marilah kita meyakini KESEMPURNAAN ALLAH dan untuk itu kita siap menerima didikan-Nya. 

Didikan itu mungkin melalui pergumulan dan tantangan hidup yang tidak ringan.

Didikan itu sesuatu yang aktif melalui latihan watak: menahan emosi, berpikir jernih, menerima keadilan Allah, mampu bersyukur dalam setiap keadaan, harus bertindak adil, menjauhi kejahatan, kesabaran, kemurahan hati, berjiwa besar, dan sebagainya.

Setiap kita berhasil melewati setiap didikan-Nya, maka sesungguhnya Dia memberikan SERTIFIKAT KELULUSAN yang tidak nampak secara fisik. Karena itu pertanyaannya adalah:
• Apakah kita telah memiliki SERTIFIKAT KELULUSAN itu? 
• Masih kosongkah?
SERTIFIKAT KELULUSAN apa yang paling sulit diperoleh? Mungkin dalam sikap dan karakter ?? 

Karena kita anak-anak Allah dan sudah diselamatkan oleh kasih karunia dan anugerah-Nya, maka tahap selanjutnya kumpulkanlah SERTIFIKAT KELULUSAN sebanyak-banyaknya selagi hidup. 

Selamat bekerja...
Selamat beraktifitas...
Selamat mengumpulkan SERTIFIKAT KELULUSAN...
Selamat melayani...

Tuhan menyertai dan memberkati kita.

Teriring salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...