Takut Taat Beribadah



02-Jan-2017

Ulangan 10:12-13  
"Maka sekarang, hai orang Israel, apakah yang dimintakan dari padamu oleh TUHAN, Allahmu, selain dari takut akan TUHAN, Allahmu, hidup menurut segala jalan yang ditunjukkan-Nya, mengasihi Dia, beribadah kepada TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu, berpegang pada perintah dan ketetapan TUHAN yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, supaya baik keadaanmu.

Apa keinginan dan permintaan Allah kepada kita?

• Keinginan Allah adalah agar kita takut dan hormat kepada-Nya.
Salah satu pemahaman saya dalam memberi hormat adalah ketika Panglima memerika barisan para prajurit. Seluruh prajurit berdiri dengan sikap siap sempurna serius tegak berdiri. 
Sesungguhnya setiap saat Allah memeriksa kita masing-masing dalam barisan anak-anak-Nya. Adakah kita dengan tulus senantiasa dalam posisi sikap siap serius hormat dan tunduk kepada-Nya?

• Keinginan Allah adalah agar kita taat dan hidup menurut jalan-Nya.
Salah satu pemahaman saya dalam hal ketaatan adalah dalam berlalu lintas di jalan raya. Jika semua pengguna jalan raya taat aturan dan taat azas, maka tidak akan ada kecelakaan. Semua akan sampai tujuan dengan selamat. Ketaatan kita berlalu lintas adalah untuk keselamatan, kelancaran dan kebaikan kita. Demikian pula ketaatan kita kepada Allah... kita taat kepada-Nya adalah untuk kebaikan kita. 

• Keinginan Allah adalah agar kita beribadah kepada-Nya.
Beribadah yang dimaksudkan bukanlah sekedar upacara ritual di gereja atau di persekutuan. Ibadah adalah lebih kepada bagaimana kita hidup. 
Dalam ibadah di gereja, kita semua serius dan tertib. Kita merasakan dan meyakini Allah hadir dalam kebaktian. Kita fokus kepada Allah saat beribadah. 
Seharusnya sikap yang sama laksana ibadah di gereja terjadi dalam kehidupan nyata setiap hari. Kita fokus kepada-Nya karena Dia senantiasa hadir dalam hidup kita, Dia selalu bersama kita, Dia ada di hati kita.

Takut kepada Allah, taat kepada Allah, beribadah kepada Allah... itulah yang membuat keadaan kita baik... bukan yang lain.

Para sahabat...
Selamat bekerja dan selamat berkarya...
Selamat melayani...

Para sahabat yang masih berlibur... selamat menikmati liburan.

Allah Bapa menyertai dan memberkati kita... Amin.

Teriring salam dan doa,
Alamta Singarimbun-Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGAN

KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB

11 April 2024   KRISTEN PROGRESIF vs AJARAN ALKITAB   Beberapa hari ini kita dimarakkan dengan viralnya video yang menayangkan wawancara den...